Tuesday, March 1, 2016

Sektor-sektor Pariwisata

Menurut Leiper, pariwisata dapat diklasifikasikan dalam 7 (tujuh) komponen yaitu:


1.      Sektor Pemasaran (The Marketing Sector); mencakup semua unit pemasaran dalam industri pariwisata di mana kegiatannya meliputi promosi/periklanan, publikasi, penjualan produk dan paket wisata.
2.      Sektor Perhubungan (The Carrier Sector); mencakup semua bentuk dan macam transportasi publik yang beroperasi sepanjang jalur transit yang menghubungkan tempat asal wisatawan (traveler generating region) dengan tempat tujuan wisatawan (tourist destination region).
3.      Sektor Akomodasi (The Accommodation Sector); berperan sebagai penyedia tempat tinggal sementara dan pelayanan yang berhubungan dengan hal itu (food dan beverage) di tempat tujuan dan tempat transit wisatawan.
4.      Sektor Daya Tarik/Atraksi Wisata (The Attraction Sector); menjadi daya tarik di lokasi tujuan wisata.
5.      Sektor Operator Wisata; mencakup perusahaan penyelenggara dan penyedia paket wisata (tempat, paket wisata, dan atraksi wisata).
6.      Sektor Pendukung/rupa-rupa (The Miscellaneous Sector); sector pendukung terselenggaranya kegiatan wisata seperti toko souvenir, restoran, bank, dan lain-lain.
7.      Sektor pengkoordinasian/regulator (Coordinating Sector); mencakup peran pemerintah selaku regulator dan asosiasi bidang pariwisata baik tingkat lokal, regional maupun internasional seperti Departemen Pariwisata, Dinas Pariwisata, Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI), WTO, PATA (Pacific Asia Travel Association), dan lain-lainnya. 

Semoga bermanfaat!!! 

* * * * * 

No comments:

Post a Comment