1. Sektor
Pemasaran (The Marketing Sector); mencakup semua unit pemasaran dalam industri
pariwisata di mana kegiatannya meliputi promosi/periklanan, publikasi,
penjualan produk dan paket wisata.
2. Sektor
Perhubungan (The Carrier Sector); mencakup semua bentuk dan macam transportasi publik
yang beroperasi sepanjang jalur transit yang menghubungkan tempat asal
wisatawan (traveler generating region) dengan tempat tujuan wisatawan (tourist destination
region).
3. Sektor
Akomodasi (The Accommodation Sector); berperan sebagai penyedia tempat tinggal
sementara dan pelayanan yang berhubungan dengan hal itu (food dan beverage) di
tempat tujuan dan tempat transit wisatawan.
4. Sektor
Daya Tarik/Atraksi Wisata (The Attraction Sector); menjadi daya tarik di lokasi
tujuan wisata.
5. Sektor
Operator Wisata; mencakup perusahaan penyelenggara dan penyedia paket wisata
(tempat, paket wisata, dan atraksi wisata).
6. Sektor
Pendukung/rupa-rupa (The Miscellaneous Sector); sector pendukung
terselenggaranya kegiatan wisata seperti toko souvenir, restoran, bank, dan
lain-lain.
7. Sektor
pengkoordinasian/regulator (Coordinating Sector); mencakup peran pemerintah
selaku regulator dan asosiasi bidang pariwisata baik tingkat lokal, regional
maupun internasional seperti Departemen Pariwisata, Dinas Pariwisata,
Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI), WTO, PATA (Pacific Asia Travel
Association), dan lain-lainnya.
Semoga bermanfaat!!!
* * * * *
No comments:
Post a Comment