Friday, October 28, 2016

Asian Surfing Championship 2016 - Bo'a, Rote Island



PT. Bo’a Development bekerja sama dengan Pemerintah Kab. Rote Ndao mengadakan event promosi potensi wisata dengan menyelenggarakan Asian Surfing Championship di Pantai Bo’a, Kecamatan Rote Barat. Hal ini juga mendukung Kab. Rote Ndao yang memiliki potensi bahari yang sangat besar sehingga beberapa waktu lalu pantai Bo’a-Nemberala telah mendapat penghargaan dari Menteri Pariwisata Republik Indonesia sebagai tempat berselancar terpopuler di Indonesia.
Asian Surfing Championship 2016

Tujuan lain kegiatan Asian Surfing Championship tahun ini adalah dalam rangka mempromosikan Nusa Tenggara Timur umumnya dan Kabupaten Rote Ndao khususnya sebagai pintu gerbang wisata bahari Asia, Australia, dan Pasifik selain juga menumbuhkembangkan minat dan kecintaan masyarakat terhadap olahraga surfing. Makna sesungguhnya dari kegiatan lomba surfing ini berasumsi pada kondisi riil daerah manakala sebagian wilayah Rote Ndao adalah lautan yang menjadikan Kabupaten Rote Ndao sebagai kabupaten bahari. Hal ini yang ditekankan oleh Bupati Rote Ndao, Drs. Leonard Haning, M.M saat membuka event terebut pada Kamis, 27 Oktober 2016 di pantai Bo’a.
“Event seperti ini memungkinkan masyarakat Rote Ndao dapat mengembangkan dan memanfaatkan potensi sumber daya kelautan yang beraneka ragam. Apabila potensi yang dimaksud dikekola secara optimal dan didukung dengan sumber daya manusia yang profesional, maka laut dan pesisir Rote Ndao niscaya akan mampu memberikan kontribusi ekonomi bagi rakyat dan pada gilirannya dapat memobilisasi kunjungan wisatawan di daerah ini. Dengan kata lain sektor pariwisata hendaknya dipandang sebagai suatu industri yang turut memberi andil dalam pembangunan sosial dan ekonomi. Pariwisata sebagai suatu sektor yang kompleks perlu memperhatikan industri-industri klasik misalnya kerajinan tangan dan industri cendera mata.
Sesuai jadwal dari PT Bo’a Development selaku event organizer, kegiatan tersebut akan ditutup pada hari Minggu, 30 Oktober. Peserta kejuaraan berasal dari peselancar-peselancar lokal dan peserta dari beberapa negera tetangga seperti Australia, Jepang, dan juga Eropa bahkan Amerika.


* * * * *

No comments:

Post a Comment